Rabu, 17 Desember 2008

HOBBY DAN KENIKMATAN



HOBBY DAN KENIKMATAN

Anda pernah melaut ? apabila anda punya hobby yang sama seperti aku pergi kelaut dan menikmati indahnya pemandangan laut sambil mancing Ikan Besar, sungguh inilah puncak kenikmatan tersendiri.
Saya, begitu rasa ingin itu telah benar - benar mengumpul menjadi hasrat yang besar untuk pergi Mancing menuruti hobby ini, kalau nggak dilaksanakan, rasanya segala aktifitas lain yang saya lakukan terasa hambar dan fikiran selalu berkecamuk..., kapan hal ini bila terlaksana, seolah semua pekerjaan lain mengganggu keinginan saya menyelamatkan hobby saya ini. Dan akhirnya saya dengan mencari waktu luang untuk hobby yang satu ini. Yang ada dalam bayangan saya, Air laut dengan ombak yang terlihat banyak bayangan ikan besar bersliweran kesana kemari, dan saya lempar mata kail saya..kemudian....ikan besar itu menyambar kail saya dan “ Dugh..... Strike “: senar pancing saya bergetar dan mengencang begitu kuatnya.... saya bertarung dengan tarikan maut Ikan Kakap atau karapu ...menarik sekuatnya ke dasar laut....uah...luar biasa... begitu ikan itu muncul dan tersangkut di kail saya dan saya berhasil mendaratkan Kakap itu, betapa hebat dan jagoannya saya......dan sebaliknya...bila ikan itu telah tersangkut mata kail saya....dan sudah sekian waktu saya habiskan hampir 2 jam saya bertaung dengan ikan besar itu. nyaris kena dan mendarat, ternyata senar yang saya miliki putus hanya karena keteledoran saya memainkankan pancing . Ikan itu akhirnya terlepas.... saya terasa sangat kecewa luar biasa bahkan berhari hari peristiwa itu mengganggu fikiran saya..... dan saya harus mencoba mengulang pertarungan itu dengan peralatan yang lebih hebat dan Ikan besar itu harus kena di kail saya. Inilah hebatnya hobby yang satu ini.

Dasar saya orang yang memang berdomisili di daerah Pantura, dan kebetulan jarak Pelabuhan Kendal dengan rumah saya hanya berjarak 8 km, cukup dengan berkenadara Sepeda motor saya bisa lakukan hobby yang satu ini kapan ketika aku ingin dan punya waktu. Jadi hobby ini relatif hobbby yang murah buat saya dan mudah saya lakukan.

Pernah suatu ketika saya merasakan ( Feeling ) cuaca bagus dan tampaknya laut jelas lagi hebat-hebatnya untuk mancing, saya benar benar ingin mancing, akhirnya sora itu juga saya kontak teman untuk saya ajak melaut dan berangkat berlaga ( Mancing ) akhirnya jadilah sore itupun saya berangkat.
Benar.... sampai di laut, di Pelabuhan Kaliwungu saya sewa perahu untuk munuju tengah laut... dan begitu saya lempar kail. nggak ada sepuluh menit... “ Strike”...Kail saya di sambar Kakap putih sangat sangat kuat..... dalam kondisi sedikit agak gelap karena sudah menjelang malam, saya harus bertarung dengan ikan besar. Kakap itu menarik senar saya ke tengah kuat kuat, saya memberikan uluran senar saya hingga nyaris habis dalam ikal roll senar saya....kemudian saya tarik sekuat kuatnya begitu ada kesempatan saya menarik....dan ternyata...tanpa saya duga dan sangka. Kakap putih seberat 13 Kg... saya daratkan..... Luar biasa....
Kenikmatan inilah yang menjadikan saya ketagihan untuk selalu harus mancing dan mancing.... .
Ternyata memang hobby itu Istimewa.

14 komentar:

marsudiyanto mengatakan...

Aku komentar pertama, kudu dikirimi pertama nek Mas Jahid entuk pancingan. Mentah gelem, goreng gelem, bakar yo gelem. Diterke keno, marani yo siap.
Kurang opo jal...

Erik mengatakan...

Iya pak, paling seru pas tarik ulurnya itu. Apalagi dapet kakap merah ya...
Makan ikan segar euy...

seno mengatakan...

Wah Om Jay, saya sebenarnya paling hobby mancing, tapi masalahnya g pernah dapet he..he.., g hoki. Apa ada trik-triknya ya Om, kalo ada di posting om trik mancingnya.

Kalau temen saya pas mau mancing, pancingnya di bacain "Cing cing wong mancing mangane cacing, mbeuah..!!", trus disembur pancingnya ha..ha...

Tapi ya heran, dia selalu hoky. Mancingnya di tempat pemancingan, bukan di laut. Belum pernah mancing kelaut, jauh soalnya he..he..

gajah_pesing mengatakan...

pak..ajak-ajak saia dunk....kalo melaut lagi...

juliach mengatakan...

Wah, itu sama dengan hobiku. Semua laut hampir laut udah aku jelajahi. Yang paling sering itu laut Bekasi.

Berangkat malam, pulang esok harinya jam 12 siang. Bisa pula berhari-hari tergantung perahunya. Aku selalu dimarahi ortu. Apa boleh buat supaya hobi sukses, ortu aku cuekin aja.

endar fitrianto mengatakan...

saya belum pernah mancing di laut. dulu pernah mancing di sungai atau waduk. kayakanya asyik mancing di laut

sawali tuhusetya mengatakan...

wah, beruntung saya tidak punya hobi mancing, om jay, hehehe .... kebiasaan yang namanya hobi itu bisa lupa waktu, hiks, bisa2 ndak sempat ngeblog, hiks.

Lyla mengatakan...

wah... pak, ikannya kirim dong ke jogja kalo dah mateng hehehe...

arifudin mengatakan...

wah pak jahid mancing mania nich :)

Lala mengatakan...

kabarnya memang memancing itu mengasyikkan, melatih kesabaran juga.. tapi aku lebih suka menikmati hasil ikannya saja :D

Ecko mengatakan...

Wah, Pak Jay suka mancing ya? Boleh deh nanti kalau saya ke Pemalang mampir tempat Pak Jahid. Biar bisa ikut merasakan serunya mancing di Pantura. :))

Nyante Aza Lae mengatakan...

dq seneng juga mancing mas..tp biasanya pas gie bulan puasa..itung2 ngabuburit..

alris mengatakan...

Mancing? Suka banget,pelepas mumet otak dan lelah fisik. Salam kenal mas, kunjungan perdana. Ditunggu kunjungan baliknya. Salam

Andy MSE mengatakan...

sering nggak strike juga kan???

Raja di Raja

Raja di Raja

RUMAHKU ADALAH SURGAKU.... BIARPUN SEDERHANA... TETAPI DIDALAMNYA ADA PENUH CINTA DAN KASIH SAYANG